Select Page

Ada yg bilang kalo liburan kesitu2 aja udah boseeen. Mending cari tempat yg masih asri dan masih jarang di jamah orang.
Lokasi ini saya rekomendasikan untuk para Backpacker, Bikers atau yg hobi Adventure.
Pantai Karang Bolong salah satu pantai yg ada di selatan Sukabumi tepatnya berada kampung Cikaung Desa Cidahu Kecamatan Cibitung Kabupaten Sukabumi.
Pantai Karang Bolong salah satu kawasan yg di exploitasi/ tambang hasil Buminya.
Sampai saat ini kegiatan tersebut masih berlangsung menggali pasir Hitam Sehingga beberapa lokasi sudah terlihat ada kerusakan yg nampak akibat kegiatan Pertambangan Tersebut.
Kawasan ini sebenarnya lebih menggoda kalau di Explorasi menjadi kawasan Wisata.
Wisata yg benar2 menerapkan konsep lingkungan Hijau.
Bagi rekan2 yg mau liburan ke pantai Karang bolong dari arah Bogor bisa lewat Cikidang atau cibadak lalu masuk ke Bagbagan jembatan Kuning masuk ke arah simpenan kiara dua lalu lanjut ke Waluran terus ke Jampangkulon dan Surade.
Dari Surade ada dua Arah menuju pantai Karang Bolong.
Pertama: Dari Cibarehong ambil kiri ke arah Curug Cikaso, sebelum curur Cikaso ada kp. Cidahu dari sana bisa tanya warga arah ke Pantai Cikawung/ Pantai Karang Bolong , selama perjalanan kita akan di suguhkan perkebunan/ hutan Jati sekitar 12 Km dengan kondisi bebatuan yg lumayan rata. Dari Cidahu sampai Pantai kira2 1 jam perjalanan dengan kondisi santai / 40 km perjam.
Kedua : dari Surade kita bisa menggunakan jalan sartiki sekarang lebih di kenal Jalan sukmawijaya belakang SMPN 1 Surade. Dari jalan sukmawijaya lurus saja sekitar 7 km ntar ketemu pertigaan Depan kantor Desa Cipendeuy. dari sana lurus menju arah desa Sukatani lalu ikuti jalan tersebut sampai pantai karangbolong.
Perlu anda ketahui, di pantai karang bolong tidak ada Penginapan. Idealnya anda bisa nginep di rumah warga atau bawa Tenda masing2. Termasuk WC masih jarang.
Tapi, sesekali anda perlu nanya ke warga yg sedang mancing biasanya ikan hasil tangkapanya suka di jual. Adapun maslah harga tergantung pintar2nya kita saja melobi..
” Jangan lupa gunakan cara melobi calon Mertua “… Heee..
Photo : diambil dari grup WAS
Hayu Ka Sukabumi
Sukabumi Mencrang ku Pariwisatana.